Gitar-gitar Rhoma Irama.. sang dewa gitar indonesia




Rhoma Irama memang seorang maestro musik sejati. Hal tersebut tidak hanya dibuktikan lewat lagu-lagunya yang abadi tetapi juga melalui permainan dan gaya bermusiknya. Sepanjang lebih dari 40 tahun kariernya, ia terkenal sebagai penyanyi yang sering sekali bergonta-ganti gitar, dan hebatnya gitar yang ia pakai bukanlah gitar sembarangan. Ketika musik Dangdut masih dianggap kampungan baik karena lagu-lagunya, gaya penyanyinya, maupun instrumen alat musiknya pada tahun 70-an, Rhoma Irama justru melawan anggapan tersebut yang ditandai dengan revolusi musik Dangdut. Revolusi yang tidak hanya mencakup irama Dangdut dan gaya bermusiknya, tapi juga instrumen yang digunakan terutama gitar.


Pada tahun 70-an, musisi Indonesia belum banyak yang menggunakan gitar bermerk Fender Stratocaster (terlebih musisi Melayu), tapi Rhoma Irama sudah menggunakannya. Setelah bosan dengan gitar Fender Stratocaster biasa, ia menggantinya dengan Fender Stratocaster Anniversary pada awal 80'an.

Pada akhir 80-an ia berganti gitar lagi dengan gitar headless Steinberger. Sebuah gitar tanpa kepala yang saat itu belum ada musisi yang menggunakannya selain Rhoma Irama dan harganya pun masih sangat mahal.

Pada pertengahan 90-'an, ia pernah menggunakan gitar dengan body berinisial huruf SR, yang merupakan satu-satunya di dunia. Sayang sekali, gitar tersebut konon sudah dihibahkan kepada seorang Kyai yang merupakan sahabat akrabnya. Pada pertengahan tahun 2000-an ia pernah menggunakan gitar headless mini yang terbuat dari kayu, tapi sayang sekali penulis belum tahu merek gitar tersebut.

Berikut ini adalah gitar-gitar Rhoma Irama:


Spoiler for gitar


Fender Telecaster


 Rhoma Irama & Fender Telecaster
(Gitar Rhoma Irama di awal karir) 


Fender Stratocaster


Rhoma Irama & Fender Stratocaster




Rhoma Irama & Fender Stratocaster Putih


Fender Statocaster Anniversary


Rhoma Irama & Fender Anniversary


Fender Stratocaster Merah


Rhoma Irama & Fender Stratocaster Merah


Steinberger


Rhoma Irama & Gitar Steinberger


Rhoma Irama & Steinberger Synapse


Gitar SR pada salah satu adegan film Satria Bergitar


Rhoma Irama & Gitar Inisial SR (Soneta Record)


gitar terbaru rhoma irama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

//go.ad2up.com/afu.php?id=29533